KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
EKONOMI

DPRD Samosir Soroti BBI Samosir Banyak Bocor dan Produksi Menurun
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 04-Okt-2020, 12:31:42 WIB

KabarIndonesia - Melansir greenberita.com, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samosir menyoroti lambatnya Pemerintah Kabupaten Samosir untuk membenahi kerusakan kolam Produksi Balai Benih Ikan di Kabupaten Samosir.

Akibatnya, hasil produksi Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Samosir tidak maksimal dikarenakan kondisi kolam banyak bocor.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Samosir, Jonny Sagala ketika berbincang bersama greenberita.com pada Jumat, (02/10/2020).

"Ada sekitar 7 kolam yang tidak dapat digunakan karena mengalami kebocoran dan kita sangat menyayangkan lambatnya Pemkab Samosir menangani ini," ujar Jonny Sagala.

Menurut Jonny, sebenarnya dana perbaikan kolam yang bocor ini sudah disetujui oleh DPRD Samosir pada R-APBD 2020 lalu namun dicoret oleh Pemkab Samosir untuk alasan penanganan Covid-19.

"Harusnya itu tidak dicoret Pemkab, karena dengan tetap tersedianya benih ikan akan tetap mempertahankan keberlangsungan kehidupan para peternak dengan budidaya ikan, sehingga perekonomian rakyat Samosir pun tetap baik walau masa Covid," ujar Jonny Sagala dengan kecewanya.

Menurunnya benih Ikan di Samosir dibenarkan Kepala BBI Balai Benih Ikan) Hilarius Pasaribu kepada greenberita saat ditemui di kantornya di Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Jumat,(2/102020)

"Hasil produksi kita kurang maksimal karena ada kurang lebih 7 (tujuh) kolam yang bocor," ujar Hilarius, yang juga mengaku bahwa didalam kolam-kolam ikan tersebut ada 3 (tiga) jenis benih ikan yaitu benih ikan jenis ikan Nila, ikan Lele dan ikan Mas.

"Ada tiga jenis ikan yang ada disini, pertama ikan nila, kedua ikan mas dan ikan lele," jelas Hilarius.

Menurut Pasaribu, BBI Samosir yang terletak dikaki pebukitan kecamatan Harian itu mampu memproduksi kurang lebih sebanyak satu juta ekor benih ikan.

"Pada tahun 2019, Balai Benih Ikan Samosir memproduksi kurang lebih sebanyak satu juta ekor benih ikan Mas, lima ratus ribu ekor ikan Nila dan empat puluh ribu ikan lele," tutur Hilarius

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Samosir Viktor Sitinjak pun membenarkan masalah tersebut. Menurutnya, perawatan kolam ikan yang ada di BBI kembali akan di usulkan pada pembahasan R-APBD Tahun Anggaran 2021 bersama TAPD.

"Oh iya memang. Ini sudah kita usulkan di pembahasan R-APBD TA 2021 bersama TAPD," tulis Viktor lewat pesan selulernya kepada jurnalis greenberita.com.

Viktor Sitinjak mengatakan bahwa secara bertahap semua kolam ikan yang butuh perawatan akan dilakukan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

"Secara bertahap semua kolam ikan yang butuh perawatan akan kita lakukan sesuai anggaran yang tersedia buat dinas kita," lanjut Viktor dalam pesannya.

Viktor berharap agar usulannya dapat diterima dan ditindaklanjuti saat pembahasan nantinya.

"Mudah mudahan ini bisa diterima dewan saat pembahasan antara skpd dengan badan anggaran DPRD Samosir. Tentunya ini akan sangat berpengaruh kepada produksi ikan kita di BBI" harap Viktor Sitinjak. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia