KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
EKONOMI

Bupati Samosir Bersama Kelompok Tani Panen Bawang Merah dan Jagung
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 04-Mar-2018, 15:59:59 WIB

KabarIndonesia - Sebagaimana diberitakan media di Sumut khususnya di Samosir, beberapa minggu sebelumnya Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama stafnya melakukan panen jagung dan bawang di desa Rianiate kecamatan Pangururan. "Kelompok Tani (poktan) Martupa, desa Rianiate, kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir, Rabu (21/2/2018) bersama Bupati panen jagung seluas 2 hektar, dengan hasil mencapai 20 ton. Hasil produksi itu bila dikonversi ke rupiah mencapai Rp 60 juta." tulis rekan pewarta Medanbisnisdaily.com.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM kembali melakukan panen perdana bawang merah kelompok tani "Raphita" di Desa Siparmahan Dusun II Kecamatan Harian, 02/03. Panen tersebut dilakukan bersama Asisten II Saul Situmorang, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Kadis Ketapang Ir Walson Sagala-Camat Harian Roberthon Manik- Kabag Humas Siswanto Sinambela serta anggota kelompok tani Raphita.

"Selamat Hari Minggu untuk kita semua, hari Jumat kemarin kami melaksanakan panen bawang bersama kelompok Tani "Raphita" sekitar satu ha, hasil sangat memuaskan, Pemkab Samosir memberikan bantuan bibit, pupuk dan pendampingan penyuluh. Kami optimis Samosir akan kembali jaya dgn tanaman bawang seperti thn 70-an sd 80-an. Sekarang ini pertanaman unggulan Samosir adalah jagung, padi, kopi, bawang, kentang, kedelei. Mari beri semangat utk petani Samosir." kirim Bupati Samosir ke pewarta kabarindonesia, Minggu (4/3) melalui akun pribadinya.

Kelompok Tani Raphita adalah salah satu kelompok tani yang dibantu dan dibina Dinas Pertanian kabupaten Samosir. Dengan bibit bawang merah 500 kg diatas lahan 1 ha, kelompok tani tersebut diperkirakan akan memanen 32 ton hasil. Hasil tersebut sangat memuaskan, hingga mendorong semangat kelompok tani Raphita untuk memperluas lahan pertanian bawang merah.

Selaniutnya, Jaujur Simbolon salah satu anggota kelompok tani mengatakan bahwa kelompok tersebut membutuhkan 3000 kg bibit bawang merah untuk mereka tanam kembali. Dia mengharapkan pemerintah memperhatikan jalan menuju lahan pertanian sehingga memudahkan mereka untuk mengangkut hasil pertanian serta bantuan-bantuan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Samosir mengatakan, bahwa kunjungan terhadap lahan petani sangat penting untuk mengetahui masalah yang dihadapi petani. “Petani harus rajin bekerja, jangan malas, maka pemerintah akan membantu,” kata Rapidin.

Bupati juga memuji hasil panen kelompok tani Raphita. "Jalan menuju sentra produksi di desa Siparmahan akan menjadi perhatian kita, karena potensi pertanian di daerah ini sangat bagus, jalan usaha tani agar dipikirkan Dinas Pertanian dan bila memungkinkan dana desa juga dapat dimanfaatkan kepala desa, tambah Rapidin Simbolon.
Sementara itu, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon menjanjikan bibit jagung untuk 30 ha kepada kelompok tani raphita, yang disambut tepuk tangan kelompok tani.

Menyambut kehadiran Bupati dan jajaran terkait yang turut serta panen, Kepala Desa Siparmahan kecamatan Harian, Bertua Sihotang menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada Pemerintah Daerah kabupaten Samosir terutama kepada Dinas Pertanian yang telah membantu masyarakat petani di desanya.

"Terimakasih pak Bupati dan Dinas Pertanian telah memberi perhatian khusus untuk meningkatkan kesejahteraan petani bawang merah seperti yang saat ini kelompok tani Raphita telah berhasil memanen bawang merah dengan hasil yang memuaskan, semoga bawang merah di wilayah kabupaten Samosir bisa terkenal lagi di seluruh nusantara ini, karena pada zaman dahulu kala bahwa Samosir terkenal penghasil bawang merah", sebut Bertua Sihotang.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia