KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalOJK Umumkan Pemenang Annual Report Award (ARA) 2016: ANTAM Kembali Sabet Predikat Juara Umum oleh : Wahyu Ari Wicaksono
19-Sep-2017, 18:18 WIB


 
 
KabarIndonesia – Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), dan Ikatan Akuntan Indonesia kembali menggelar Annual Report Award (ARA) 2016.   Mengusung
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Cinta Kepada-Nya 18 Sep 2017 14:09 WIB

Komputer 17 Sep 2017 09:59 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Beda Hemat dan Pelit

 
EKONOMI

Beda Hemat dan Pelit
Oleh : Setyo Sudirman | 15-Aug-2017, 02:01:09 WIB

KabarIndonesia - Kita tentu pernah dikata-katai "pelit" dari teman, sahabat dan kenalan kita. Entah mengapa, banyak dari kita terlalu gampang menuduh teman, sahabat dan kenalan dengan kata-kata ini, padahal kita tak tahu persis kondisi keuangannya. Antara pelit dan hemat, kita tak pernah peduli.

Jadinya tak heran, kata pelit itu lebih gampang nyosor dari mulut kita untuk mereaksi seseorang yang tak mau mentraktir, tak mau berbagi hingga tak mau memberi tanpa melihat konteks dan kondisi riilnya.

Pelit jelas kosa kata negatif yang bila diucapkan bisa menyakitkan lawan bicara. Kata pelit berkonotasi negatif dengan merujuk pada kata kikir alias tidak suka memberikan sesuatu pada orang lain.

Uniknya, dalam pergaulan sehari-hari, kata pelit ini bisa menjadi semacam senjata yang digunakan untuk mendesak atau "memaksa" seseorang agar mau mentraktir, membeli atau memberikan sesuatu.

Orang yang kikir biasanya tidak disukai yang lain. Ketika hendak membantu yang lain, ia banyak berpikir karena takut uangnya berkurang. Saat bencana pun, orang yang tergolong kikir tak mau mau memberi bantuan. Kalau pun ikut memberi bantuan, nominalnya sangat kecil. Bisa saja ia beralasan ogah membantau sesama yang sedang terkena bencana karena merasa belum kaya. Begitulah gambaran orang kikir.

Berbeda dengan orang yang kikir, mereka yang hemat itu menggunakan uang dengan cermat dan hati-hati supaya tidak lekas habis. Pada praktek pergaulan dan kehidupan sehari-hari, orang yang hemat tak jarang juga jadi sasaran tembak kata-kata pelit. Hebat dan kikir itu campur-aduk.

Orang yang hemat itu biasanya memiliki perencanaan dan pengelolaan uang yang baik. Ia mampu mengelola keuangannya dengan bijak tatkala harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, bayar tagihan bulanan, menabung hingga investasi.

Menjadi hemat dengan dituding kikir tentu lebih baik daripada menjadi tidak kikir alias royal, tapi ternyata keuangannya acak-kadul. Nah, menjadi hemat di era digital seperti saat ini tidak lah sulit. Banyak platform modern yang memudahkan kita untuk mengalokasikan dana-dana yang kita miliki seperti Platform IPOTPAY.

Fintech ini memberikan kemudahan untuk bayar, beli dan transfer uang dengan jadwal yang rapi sekaligus memberikan imbal hasil sebesar 7-9 % pertahun untuk dana yang tersimpan di dalamnya. Hemat dengan platform modern membuat keuangan pribadi terkelola dengan baik. (*)

Sumber Foto
: furkoni.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Aman Berlalu Lintas di Medanoleh : Rohmah Sugiarti
18-Sep-2017, 21:14 WIB


 
  Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Aman Berlalu Lintas di Medan Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman didampingi Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra Medan Sutadi (kanan) dan Ketua Panitia HUT ke-60 Astra di Medan Badrun Radhi (kiri) berdialog dengan rekan-rekan wartawan pada acara media gathering HUT ke-60
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia