KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
INTERNASIONAL

Sejumlah Negara Yang Mulai Membuka Sekolah
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 17-Jun-2020, 10:25:04 WIB

KabarIndonesia - Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa negara di dunia sudah mulai membuka sekolah kembali setelah dinilai sukses mengendalikan virus Corona. Setelah penutupan panjang akibat covid-19, mereka membuka sekolah dengan skenario supaya anak-anak tetap terjaga kesehatannya.

1. Denmark

Dilansir dari Reuters (13/5/2020) lalu, Denmark telah melonggarkan penguncian pada pertengahan April lalu dengan membuka sekolah dan pusat penitipan anak.

Denmark telah menerapkan sistem untuk mengurangi interaksi anak dengan teman-temannya. Rencananya, anak-anak sekolah dasar akan kembali ke sekolah lebih dahulu, mulai 1 Juni 2020. Anak-anak merasa senang kembali sekolah.

Nantinya, mereka akan terbagi dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka menghabiskan hari di sekolah tanpa berpapasan dengan yang lain.
Kelompok kecil anak-anak ini datang ke sekolah di waktu yang terpisah. Makan siang pun tidak berbarengan. Satu kelompok kecil terdiri dari 12 anak.

Namun pembukaan itu menimbulkan banyak kekhawatiran akan gelombang kedua kasus infeksi, sehingga banyak orang tua memutuskan untuk tidak mengirim anaknya ke sekolah.

Sementara Staf pengajar di Denmark berada di bawah instruksi untuk menjaga jarak sosial di antara anak-anak dengan banyak gedung sekolah yang ditutup.

2. Finlandia

Finlandia sudah membuka sekolah dan daycare sejak 13 Mei lalu. Ini dilakukan setelah satu bulan sekolah dan daycare ditutup karena pandemi Corona.

Dilansir Reuters, Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin mengatakan, anak-anak mulai masuk sekolah secara bertahap. Di bulan Juni, mereka akan liburan musim panas.

Penyebaran virus Corona di Finlandia memang sudah melambat. Jumlah kasus per kapita jauh di bawah negara tetangga seperti di Swedia, Norwegia, dan Estonia.

"Jelas bahwa pengajaran jarak jauh yang lama bisa berdampak negatif pada pembelajaran dan kesejahteraan anak-anak," kata Menteri Pendidikan Finlandia.

3. Belanda

Di Belanda, sekolah Springplang di kota Den Bosch memasang perisai plastik di sekitar meja siswa dan disinfektan di ambang pintu kelas.
"Guru kami tidak kuatir. Kami memiliki layar fleksibel yang kami beli sehingga kami dapat melindungi guru jika siswa batuk," kata Koordinator Teknis Sekolah, Rascha van der Sluijs.

4. Swiss

Di Swiss, anak-anak di La Tour School Jenewa harus beradaptasi dengan ritual baru, yaitu orangtua mengantarnya dari kejauhan. Jumlah siswa dalam satu kelas pun dikurangi setengah untuk menghindari keramaian dengan meja berjarak dua meter.

5. Kanada

Di Kanada, tidak semua provinsi membuka sekolah kembali. Beberapa masih menerapkan pembelajaran jarak jauh. Tapi, ada juga yang akan membuka sekolah kembali.

Dikutip dari CBC, di British Columbia, anak-anak di semua kelas akan mulai ke sekolah separuh waktu mulai 1 Juni mendatang. Berdasarkan peraturan baru, setengah dari kelas sekolah dasar akan diajarkan secara langsung. Sedangkan yang lain akan menjalani kelas virtual. Siswa yang lebih besar akan datang ke sekolah satu hari dalam seminggu. Sisanya belajar secara online.

Provinsi Quebec, Kanada telah membuka kembali beberapa sekolahnya.
Sebagian besar sekolah dasar sudah mulai beroperasi pada 11 Mei.
Kecuali di Montreal, sekolah akan tetap tutup selama sisa tahun ajaran.
Sementara di Ecole St-Gerard, pinggiran Montreal, dibuka kembali dengan staf yang memakai pelindung dan menggunakan pembersih tangan.

6. Perancis

Di seluruh Prancis, siswa sekolah dasar pada Selasa (12/5/2020) duduk terpisah setidaknya satu meter di kelas-kelas kecil dan mendengarkan para guru yang memakai masker pada hari pertama.

7. Cyprus

Di Cyprus, petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri menguji para siswa di sebuah sekolah di Nicosia setelah siswa sekolah menengah diizinkan masuk kembali pada 11 Mei 2020 yang lalu.

8. Jepang

Sekolah-sekolah di banyak wilayah di Jepang kembali dibuka. Sekolah kembali lagi menyambut para siswa dengan menyiapkan langkah baru untuk mencegah penularan virus Corona.

Semua sekolah dasar dan menengah di Yamagata mulai melanjutkan kelas. Mengutip Japan Times, di sekolah pemerintah, para siswa mengenakan masker sejak datang.

Mulai 18 Mei lalu, anak-anak hanya sekolah di pagi hari dari Senin hingga Rabu. Anak-anak tetap takut tertular virus, tapi mereka senang karena bisa bertemu teman-teman.

9. Israel

Negara Israel membuka kembali beberapa sekolah bulan ini, kendati langkah itu diboikot oleh beberapa kota dan banyak orang tua yang menyoroti buruknya persiapan pemerintah.

Dengan memakai masker dan handsanitizer, tiga kelas pertama sekolah dasar dan dua kelas terakhir sekolah menengah diizinkan kembali. Setiap kelas pun hanya dibatasi 15 siswa untuk menegakkan physical distancing.

10. Australia

Demikian juga Sekolah-sekolah di negara bagian terbesar Australia dan Selandia Baru dibuka kembali pada Senin (18/5/2020). Akan tetapi, sekolah hanya meminta siswa untuk menghadiri satu hari dalam seminggu.

Negara bagian terpadat kedua Australia, Victoria akan melanjutkan pengajaran tatap muka mulai 27 Mei, beberapa minggu lebih awal dari yang diperkirakan. Melbourne juga akan mengizin siswa remaja untuk kembali masuk sekolah terlebih dahulu, diikuti oleh siswa yang lebih muda mulai 9 Juni

11. China

Negara China yang disebut awal mula penebaran virus corona ini, pada 15 Mei lalu, di Shanghai mulai membuka kembali beberapa sekolah dan penerbangan domestik. Siswa di Shanghai sudah belajar lagi di sekolah, khususnya siswa sekolah menengah dan menengah atas yang bersiap ujian.

Siswa dan staf pengajar sama-sama diminta untuk memasuki gedung sekolah melalui pemindai termal ketika sekolah dibuka kembali setelah tiga bulan ditutup.

Dinding sekolah dipenuhi poster tentang langkah-langkah untuk mengatasi virus Corona. Kantin sekolah menggunakan kaca untuk membatasi tiap meja, sehingga hanya dua siswa yang bisa makan bersama.

"Saya merasa sangat senang kembali ke sekolah. Biasanya kami menantikan liburan, tetapi tiba-tiba liburan kami menjadi begitu lama," kata Zhang Jiayi, siswa yang berusia 17 tahun. "Kali ini, kami ingin sekali kembali ke sekolah, tempat kami dapat melihat teman dan guru kami," sambungnya.

Mengutip Global News, total kematian akibat COVID-19 di China mencapai 4.634 dari 82.947 kasus. Data ini tercatat sejak wabah pertama kali terdeteksi di pusat kota Wuhan, akhir 2019.

Pertengahan Mei lalu, hanya ada 86 orang yang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi virus Corona. Dan, 519 lainnya menjalani isolasi dan diisolasi setelah dinyatakan positif namun tanpa gejala (OTG).

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia