KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniUrgensi Mengemballikan Pelajaran PMP di Sekolah oleh : Adolf Roben Lanapu
17-Feb-2019, 21:19 WIB


 
  KabarIndonesia - Dalam satu dekade ini terjadi perubahan besar pada lingkungan budaya di masyarakat, yang dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi informasi dan persaingan industri elektronik. Murah dan mudahnya memiliki gadget canggih seperti smartphone berperan merubah perilaku masyarakat yang awalnya lebih
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA








 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Diam Dalam Rasa 18 Feb 2019 13:56 WIB

Hujan Lakukan Padaku 16 Feb 2019 12:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Mengkaji Kebangkitan Raksasa Tidur (2): Energi Positif Hukum Tabur Tuai di Semesta

 
INTERNASIONAL

Mengkaji Kebangkitan Raksasa Tidur (2): Energi Positif Hukum Tabur Tuai di Semesta
Oleh : Tonny Djayalaksana | 02-Feb-2019, 13:35:22 WIB

KabarIndonesia - Ditulisan pertama "Mengkaji Kebangkitan Raksasa Tidur", saya telah menceritakan bagaimana bangsa dan negara China mampu membangun kemajuan yang luar biasa, yang membuat mata dunia terbelalak karenanya.

Sebagai lanjutan dari kisah tersebut, saya ingin mengajak kita mengkaji kebangkitan China lebih dalam lagi. Kalau kita berkunjung ke negara China, maka di setiap kota sering sekali terlihat spanduk, banner atau poster yang bertuliskan kata-kata bijak dan kata-kata motivasi. Jadi seluruh pikiran masyarakatnya diarahkan supaya berpikir kepada hal-hal positif. 

Begitu juga dengan acara siaran tv dan radio lebih banyak menyiarkan tema-tema perjuangan. Jarang sekali terlihat siaran-siaran yang berbau negatif. Menurut saya ini juga salah satu yang bisa jadi modal untuk memicu semangat juang masyarakat China pada umumnya.   

Pemimpin China sekarang, presiden Xi Jin Ping, mungkin merupakan satu-satunya pemimpin di dunia yang mengharapkan seluruh warga dan masyarakatnya, belajar dan mempraktekan 24 langkah berbakti kepada kedua orang tua.   

Inilah isi dari pelajaran 24 langkah berbakti kepada kedua orang tua tersebut:    

1.secara berkala memberi salam kepada ayah ibu melalui telepon. 2.Senantiasa ingat ulang tahun ayah ibu dan usia mereka. 3.Ketika bepergian jauh selalu memberi kabar berita yang baik pada ayah ibu. 4.Dengan sabar mendengarkan nasihat/pesan-pesan ayah dan ibu. 5.Memaklumi dan peduli terhadap banyak hal yang dihadapi oleh ayah. 6.Harus memaklumi kebiasaan orang tua berhemat. 
7.Pada hari-hari Raya/Besar usahakan mudik melihat orang tua. 
8.Saat senggang lebih banyak bantu orang tua bereskan pekerjaan rumah. 9.Mendorong orang tua ikut aktivitas yang bermanfaat. 
10.Menghormati saran orang tua dalam urusan keluarga. 
11.Menghormati kebiasaan orang tua punya lifestyle bangun pagi dan tidur awal.  12.Luangkan waktu menemani orang tua berjalan-jalan di taman. 13.Menjadi kebanggaan bahwa kedua orangtua kita sehat walafiat  14.Lebih memperhatikan kesehatan orang tua kita. 15.Dengan bahagia mendengarkan cerita nostalgia mereka. 16.Jangan selalu mengeluh masakan orang tua kita. 
17.Jangan marah dengan cara buang muka pada kedua orang tua. 18.Senantiasa memuji kelebihan kedua orang tua kita. 
19.Selalu membeli kado atau barang kesukaan kepada kedua orang tua. 20.Sesekali boleh manja di depan kedua orang tua. 
21.Di depan kedua orang tua kita bicarakan hal-hal yang positif dan yang gembira 22.Selalu bawa kedua orang tua berwisata. 23.Senantiasa memperhatikan kebersihan kedua orang tua seperti bantu mereka gunting kuku, keramas, cuci kaki dan cuci tangan  24.Usahakan jangan gunakan uang kedua orang tua.     
Ke 24 langkah berbakti kepada orang tua kita diharapkan dapat dimaklumi dan dipraktekkan.   

Presiden Xi jin Ping juga menjadi satu-satunya pemimpin dunia, ketika di acara pertemuan G 20 di Hang Zhou, beliau berpidato menggunakan ungkapan-ungkapan Tiongkok yang sangat klasik.
Berikut ini adalah ungkapan-ungkapannya : 



"Berteman karena uang, ketika uang habis persahabatan juga dilupakan."   "Berteman karena keuntungan, setelah tiada keuntungan akan bubar." "Berteman karena kekuatan, begitu kita kalah maka hubungan akan runtuh."  
"Berteman karena kekuasaan, begitu kekuasaan hilang maka akan ditinggalkan."  
"Berteman karena perangai perasaan, perasaan putus akan terluka." "Hanya berteman dengan hati tulus, barulah akan langgeng."  
"Baik dalam kerja sama, maupun dalam hubungan sosial, tetap harus menghargai jodoh dan persahabatan."  
"Menghargai waktu, berpikiran, dan berbuat baik."  
"Belajar bersyukur dengan tulus memperlakukan orang !"  
"Bergaul dengan hati." 
"Berteman dengan orang bijak."  
"Berjalan bersama orang berakhlak."  
"Pasti memperoleh buah karma yang baik!" 
"Sadarlah" "Hati dipenuhi dengan niat baik"  
"Kehidupan kamu pasti terdapat awan kemujuran."  
"Ingat jadilah Orang yang penuh Belas Kasih , Tulus membantu yang membutuhkan, Saling menghargai sesama , bijaksana, dan tanpa adanya rasa perbedaan , jauhkan diri dari sifat EGOIS, IRI HATI, CEMBURU, dan SOMBONG... Ataupun menyakiti perasaan orang."  
"Rendahkan hati seperti air yang selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah" 
"Hidup ini TIDAK KEKAL SELAMA-LAMANYA"  
"Kita dilahirkan tidak membawa apa-apa dan waktu kita meninggalkan dunia ini juga tidak bisa dibawa pergi".    


Tuhan/Allah itu Maha Adil, barang siapa yang berpikir tentang keadilan, maka apapun kehendaknya Tuhan/Allah pasti memfasilitasinya dan akan selalu memberikan intuisinya kepada siapa saja yang menghendakinya.   

Menurut pemahaman saya, itulah salah satu kunci rahasia atas kesuksesan China sebagai sebuah bangsa dan negara. Pertanyaannya dari mana saya bisa punya pemahaman bahwa bangsa dan negara China itu adil?   

Saya melihatnya memakai kaca mata spiritualitas. Mungkin bangsa dan negara China ini adalah satu-satunya bangsa di dunia yang memiliki falsafah kehidupan yang memikirkan dan menghendaki, kesejahteraan dan kedamaian bagi seluruh masyarakat dunia. Dan hal ini mereka buktikan kepada seluruh dunia dalam sebuah tulisan slogan yang terpampang sangat jelas dan tegas di jantungnya negara China, yaitu di Ibu kotanya yang bernama Beijing.  

Serta persis terletak di pusat pemerintahan China yaitu di pintu gerbang kota terlarang (Tian An Men) yang di atas pintu gerbang terlihat foto pemimpin China Legendaris yang bernama Mao Tze Tung.   

Di sisi kiri dan kanannya pintu gerbang tersebut terpampang tulisan slogan. Di mana yang di sebelah kiri kira-kira terjemahannya seperti ini : SELAMAT SEJAHTERA DAN PANJANG UMUR BAGI REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK. Adapun yang di sebelah kanannya sebagai berikut : SELAMAT SEJAHTERA DAN PANJANG UMUR BAGI PERSATUAN RAKYAT SELURUH DUNIA.   

Bisa saya bayangkan kalau memang slogan itu telah menjadi tekad dari seluruh masyarakat serta negera China, hal ini akan menjadi sebuah energi yang sangat positif dan sesuai dengan hukum semesta yang mengandung unsur sebab-akibat, atau tabur-tuai.  Maka sudah bisa dipastikan, hal yang positif juga yang bisa didapatkan oleh masyarakat serta negara China.   

China sangat berambisi untuk mengambil posisi sebagai penguasa ekonomi dunia. Pertanyaannya, bukankah hal ini juga merupakan sifat egoistis? Menurut pemahaman saya sepanjang kita berbuat untuk kemaslahatan orang banyak, hal tersebut baik-baik saja.  Bukankah ajaran Islam juga mengutamakan hidup damai, sejahtera, dan saling untung menguntungkan antara satu sama lainnya?   

Salah satu persyaratan untuk bisa menguasai ekonomi dunia, tentunya harus mampu bersaing dengan negara-negara yang sudah lebih dulu jadi penguasa. Bersaing di bidang harga, kualitas, tepat waktu, servis dan sebagainya. 

Untuk bisa memenangkan persaingan di dunia global, negara tersebut harus bisa berhasil mensejahterakan dulu masyarakat dalam negerinya sendiri, agar stabilitas keamanan negara terjamin serta masyarakatnya bisa bersatu-padu untuk memajukan negaranya, sehingga bisa memenangkan persaingan tersebut.      

Saat ini negara China sudah bisa membuktikannya. Seperti yang sudah kita saksikan Bersama, begitu pesatnya kemajuan negara China itu dalam segala bidang. Hampir semua penduduk dunia sudah memiliki ketergantungan dengan produk-produk buatan negara tersebut. Itulah yang bisa diartikan juga bahwa negara China sudah berbuat begitu banyak hal yang menguntungkan bagi kemaslahatan penduduk dunia.     

Bila tadinya banyak barang-barang termasuk kategori mewah dan hanya bisa dimiliki oleh golongan ekonomi kelas menengah atas saja, sekarang sudah hampir bisa dimiliki oleh semua golongan ekonomi, baik kelas bawah maupun kelas atas. Sebuah terobosan yang sangat spektakuler.   Contohnya berbagai macam produk IT dan elektronik, sudah bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh seluruh golongan ekonomi.  Kalau saja kita mau berhitung soal pahala, entah sudah berapa banyak pahala yang mereka dapatkan. (bersambung)    

 Penulis: TONNY DJAYALAKSANA MUALAF ZAMAN NOW          

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Marc Marques Juara Dunia MotoGP 09 Feb 2019 02:01 WIB


 

 
 

 
 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia