KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTol Laut, Tol Langit, dan Tol Media (Sebuah Kesaksian untuk HUT ke-13 HOKI) oleh : Wahyu Ari Wicaksono
12-Nov-2019, 01:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sekarang ini perkembangan teknologi media telah berkembang dengan luar biasa. Apalagi ketika muncul teknologi yang disebut sosial media. Kemunculan sosial media telah membuat banyak hal berubah. Mulai dari industri, bisnis, kehidupan sosial, gaya hidup dan banyak lainnya. Salah
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
FamGofest 2019 Hadir di BSD City 21 Nov 2019 09:18 WIB

 

 
 
INTERNASIONAL

Konperensi Dewan Geopark Global UNESCO di Lombok Momen Terakhir Geopark Kaldera Toba Menjadi Anggota UGG
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Sep-2019, 14:03:56 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Global Geoparks Network (GGN) juga dikenal sebagai Global Network of National Geoparks, adalah jaringan yang dibantu oleh UNESCO yang didirikan pada tahun 1998. Dikelola di bawah Divisi Ilmu Ekologi dan Ilmu Bumi, GGN mencari promosi dan konservasi warisan geologi planet ini, serta mendorong penelitian dan pengembangan berkelanjutan oleh komunitas terkait.

Anggota Dewan Geopark Global UNESCO, Jayne West ( http://www.unesco.org/new/ en/natural-sciences/environment/earth-sciences/unesco-global-geoparks/unesco-global-geoparks-council/) menyebutkan, Dewan Geopark Global UNESCO bertanggung jawab untuk menilai nominasi Geopark Global UNESCO yang divalidasi ulang dan baru. Mereka yang membuat keputusan apakah aplikasi baru harus diteruskan ke Dewan Eksekutif UNESCO untuk pengesahan. Selain itu memiliki peran penasihat utama untuk Direktur Jenderal UNESCO tentang strategi, perencanaan dan implementasi Geopark Global UNESCO.

Lebih lanjut dikatakan, Dewan GGU terdiri dari 12 anggota yang memiliki hak suara (vote), Semuanya para ahli (profil tinggi) dipilih karena pengalaman mereka yang terbuktikan, kualifikasi ilmiah atau profesional. Mereka ditunjuk oleh Direktur Jenderal UNESCO berdasarkan rekomendasi dari Global Geoparks Network (GGN) dan Negara-negara Anggota. Selain itu Dewan memiliki 4 anggota tanpa hak untuk memilih, yakni Direktur Jenderal UNESCO, Presiden GGN, Sekretaris Jenderal IUGS dan Direktur Jenderal IUCN atau perwakilan mereka. Dewan bertemu setahun sekali dalam konferensi regional atau internasional tentang UNESCO Global Geopark.

Sebagaimana dirilis UNESCO Global Geoparks Council, dalam kerangka pembahasan dan penilaian terhadap usulan menjadi anggota jaringan global geopark, agar digelar Konferensi Internasional ke-7 tentang Geopark Global UNESCO, dirangkai dalam 4 sesi.

Sesi pertama, pertemuan Dewan di Riviera Inggris Global Geopark pada 24 dan 25 September 2016. Sesi kedua, berlangsung pada 16-17 September 2017 di Zhijindong Gua Global Geopark UNESCO, provinsi Guizhou, Cina. Sesi ketiga Dewan UGG yang berlangsung pada 8-9 September 2018 di Adamello Brenta UNESCO Global Geopark, Italia.

Sesi ke-4 yang berlangsung pada 31 Agustus - 2 September 2019 di Lombok-Indonesia, geopark BELITUNG menjadi salah satu dari 13 negara yang dibahas dalam acara "Diskusi dan evaluasi atas aplikasi baru UNESCO Global Geopark". Sedang dokumen Geopark KALDERA TOBA (GKT) yang ditandai sebagai 'aplikasi sudah diterima', akan dibahas dalam diskusi bertajuk "Deferred UNESCO Global Geopark applications pending from UGGpC 2018" (Aplikasi Global Geopark yang ditangguhkan UNESCO tertunda dari UGGpC 2018).

Dalam acara bertajuk "Diskusi tentang validasi ulang Geopark Global UNESCO yang sudah ada" (Discussion of the revalidation of existing UNESCO Global Geoparks), geopark GUNUNG SEWU turut menjadi agenda diskusi dari 38 negara yang tercatat sebagai peserta konperensi.

Diperoleh informasi, bahwa dalam rangkaian konperensi empat tahunan Dewan Geopark Global Unesco, diskusi usulan Geopark KALDERA TOBA di Lombok ini merupakan kali kedua setelah dibahas pada sesi ketiga Dewan yang berlangsung pada 8-9 September 2018 yang lalu di Adamello Brenta UNESCO Global Geopark, Italia, pada mata acara Discussion of the evaluation of new UNESCO Global Geoparks applications.

Pada sesi ke 4 di Lombok ini, Indonesia mengajukan usulan 3 geopark yakni BELITUNG pada acara diskusi dan evaluasi aplikasi baru, Kaldera TOBA dalam diskusi dan validasi ulang aplikasi tertunda 2018 bersama geopark dari 7 negara, sementara geopark GUNUNG SEWU dibahas dalam diskusi validasi UGG yang sudah ada (existing).

Mencermati konperensi keempat ini Pemerintah dan masyarakat Indonesia, khususnya warga kawasan Danau Toba, menyampaikan harapan kiranya geopark Kaldera Toba, danau vulkanik terluas ini dapat lulus dan diterima menjadi geopark berkelas dunia (anggota UGG).

Memang, Presiden Joko Widodo menargetkan Danau Toba menjadi salah satu destinasi ekowisata andalan Indonesia. Presiden berharap, danau bersejarah masyarakat batak ini tidak hanya dijaga, tapi juga bisa menarik turis mancanegara untuk datang menikmati keindahannya.

Berulang kali, dalam kunjungannya ke kawasan Danau Toba, maupun dalam berbagai pertemuan di Sumatera Utara, Jokowi menyatakan agar semua pihak di tingkat pusat maupun daerah berkoordinasi menjadikan Danau Toba destinasi kelas dunia.

Menurutnya, menjadi anggota Unesco Geopark Global adalah salah satu upaya pengembangan suatu kawasan wisata. Karenanyalah, Presiden Joko Widodo mendorong agar Geopark Kaldera Toba, Sumatera Utara, bisa diakui dan masuk Jaringan Taman Bumi (Geopark) Global UNESCO.
“Ya itu yang tugasnya nanti pak gubernur, pak bupati, termasuk juga nanti di kementerian,” kata Jokowi usai menyambangi Taman Bumi (Geopark) Kaldera Toba di Desa Sigulatti, Kabupaten Samosir, Rabu (31/7/2019)

Semoga harapan dan impian presiden dan segenap masyarakat Indonesia menjadi kenyataan, dan Tim Geopark Indonesia berhasil merealisasikan Geopark Kaldera Toba sebagai Anggota UGG melalui konperensi yang sedang berlangsung saat ini di Lombok.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia