KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Ketersediaan Tenaga Kerja Terampil, Keunggulan  Potensi Investasi Indonesia

 
INTERNASIONAL

Ketersediaan Tenaga Kerja Terampil, Keunggulan Potensi Investasi Indonesia
Oleh : Rohmah S | 26-Mar-2018, 07:37:23 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Sebagai upaya meningkatkan percepatan pertumbuhan perekonomian, pemerintah Indonesia mengajak pengusaha dan pemerintah Taiwan agar berinvestasi di Indonesia. Tawaran yang diunggulkan adalah Indonesia mempunyai sumber daya alam melimpah serta mempunyai tenaga kerja yang terampil.

“Untuk menyambut investasi asing, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Ketenagakerjaan bersama kementerian terkait selalu mencetak tenaga kerja terampil setiap tahun,” begitu dikatakan staf ahli Kementerian Ketenagakerjaan, Reyna Usman, dalam Taiwan Business Forum 2018 di Taipe, Taiwan, Sabtu (24/3).

Seperti yang diberitakan Suara Pembaruan Minggu (25/3), Reyna mengatakan, acara yang diselenggarakan Trade Center Taiwan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan kerja sama sektor perdagangan dan investasi di Indonesia antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Taiwan. Acara yang berlangsung sejak 21 – 26 Maret 2018 tersebut, dihadiri sejumlah pebisnis dan pengusaha-pengusaha Taiwan dan Indonesia serta nara sumber dari Indonesia seperti dari Kementrian Perdagangan, Kementrian Parawisata, Kementrian Ketenagakerjaan, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Imigrasi dan stake holder terkait lainnya.

Reyna menambahkan bahwa penyediaan tenaga kerja terampil di Indonesia dilakukan melalui pendidikan vokasi dan pelatihan serta pendidikan di Balai Latihan Kerja (BLK).
Menurut Reyna, perusahaan yang mau berinvestasi di Indonesia bisa saja membawa tenaga kerja sendiri (tenaga kerja asiang-TKA) namun harus mengikuti peraturan perundang-undangan mengenai TKA di Indonesia.

Lebih lanjut Reyna memaparkan bahwa regulasi tentang penggunaan TKA di Indonesia diberikan pelayanan perizinan yang sudah terintegrasi dengan dengan prosedur yang menjamin kemudahan perizinan sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini juga berlaku secara universal bahwa setiap TKA harus memiliki izin kerja dan izin tinggal.

Khusus untuk izin mempergunakan TKA di Indonesia, kata dia, TKA melalui perusahaan pengguna dapat mengajukan izin selama setahun dan dapat diperpanjang apabila sesuai prosedur dan atau jangka waktu terbatas selama enam bulan sesuai dengan kualifikasi pekerjaan oleh perusahaan pengguna.

“Dan regulasi tentang penggunaan TKA diberikan pelayanan perizinan yang sudah terintegrasi dengan imigrasi dengan prosedur yang menjamin kemudahan perizinan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata dia.

Kepada pengusaha asing terutama Taiwan, Reyna berharap agar tidak takut berinverstasi di Indonesia karena Indonesia sangat memiliki hubungan kerja sama yang sangat baik di bidang ketenagakerjaan. Apalagi, kata Reyna, Indonesia dan Taiwan sudah mempunyai hubungan baik, hal ini terbukdi sampai saat ini tenaga kerja Indonesia di Taiwan berjumlah 240.000 yang yang bekerja di berbagai sektor antara lain caregiver, nurse , industri tekstil, makanan, minuman, konstruksi , pelaut perikanan dan jasa-jasa lainnya.

“Tentunya TKI juga sangat senang jika investasi perdagangan Taiwan akan meningkat di Indonesia. Dan tentunya ketentuan perizinan TKA di Indonesia secara filosofinya adalah melindungi TKA itu sendiri jika terdaftar secara resmi,” pungkasnya. (*)

Sumber info/foto
: Suara Pembaharuan

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia